Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut pengaruh supervisi kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru TK di Kota Tomohon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan total sampel 95 Guru TK di Kota Tomohon. Teknik analisis data menggunakan model regresi berganda (multiple correlation). Teknik analisis data ini dilakukan melalui 3 (tiga) tahap yaitu: (1) Deskripsi data (2) Uji prasyarat analisis (3) Pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial supervisi kepalah sekolah terhadap kinerja guru TK di Kota Tomohon. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial iklim sekolah terhadap kinerja guru TK di Kota Tomohon. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan supervisi kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru TK di Kota Tomohon. Kata Kunci : Supervisi Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, Kinerja Guru TK di Kota Tomohon
Copyrights © 2024