Muara: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional
Vol 4, No 1 (2021): MUARA

PERAN TRUST DALAM MEMEDIASI PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN ONLINE

Muhammad Ikhsan Fifaldyovan (Akademi Pelayaran Nasional Surakarta)
Sri Dweni Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh WOM terhadap trust dan purchase intention, serta peran trust dalam memediasi pengaruh WOM terhadap purchase intention. Hipotesis penelitian adalah WOM berpengaruh positif terhadap trust; WOM dan trust berpengaruh positif terhadap purchase intention; serta trust memediasi pengaruh WOM terhadap purchase intention. Sampel sebanyak 300 orang konsumen online di Kota Semarang yang diperoleh secara purposive sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan analisis regresi dan tes Sobel. Hasil penelitian WOM berpengaruh positif terhadap trust dan purchase intention, serta trust memediasi pengaruh WOM terhadap purchase intention. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

muara

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Muara : Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional adalah jurnal yang menerbitkan artikel yang melaporkan hasil penelitian di bidang manajemen pelayaran dengan berbagai topik antara lain, namun tidak terbatas pada bidang fungsional manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen strategis, ...