Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 6, No 1 (2024): BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat

INOVASI KREATIF BERBASIS DIGITAL MARKETING PADA UMKM KRUPUK RENGGINANG DI DESA TREBUNGAN KECAMATAN MANGARAN – SITUBONDO

Agus Supriono (Universitas Jember)
Edwin Tri Maulana (Universitas Jember)
Indah Ibanah (Universitas Jember)
Rizky Yanuarti (Universitas Jember)
Ariq Dewi Maharani (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Minimnya kesadaran pelaku UMKM terhadap dampak yang didapatkan ketika menerapkan teknologi internet dan jejaring sosial dalam memasarkan produk, membuat pelaku UMKM di Desa Trebungan - Kecamatan Mangaran - Kabupaten Situbondo – Provinsi Jawa Timur, kesulitan membangun hubungan dan kepercayaan dengan calon pelanggan. Hal ini membuat pelaku UMKM hanya mengandalkan pemasaran konvensional seperti metode pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah (1) Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada badan usaha UMKM (2) Mengembangkan kewirausahaan pemanfaatan hasil pertanian di dusun Sokaan Utara. Metode melakukan operasi terdiri dari beberapa langkah, khususnya sebagai berikut: (1) observasi; (2) Implementasi; (3) Evaluasi. Dengan memberikan edukasi tentang usaha inovatif dengan pemasaran digital marketing dapat meningkatkan keterampilan masyarakat, meningkatkan kapasitas usaha dan meningkatkan pendapatan masyarakat dengan memanfaatkan potensi desa. Kata Kunci : pelaku usaha, Rengginang, jejaring sosial, pemasaran online Abstract The lack of awareness of MSME actors about the impact that is obtained when applying internet technology and social networking in marketing products, makes it difficult for MSME actors in Trebungan Village - Mangaran District - Situbondo Regency - East Java Province to build relationships and trust with potential customers. This makes MSME actors only rely on marketing conventions such as word of mouth marketing methods. The objectives of this community service activity are (1) Providing knowledge and skills to MSME business entities (2) Entrepreneurship in the utilization of agricultural products in North Sokaan Hamlet. The method of carrying out the operation consists of several steps, in particular the following: (1) observation; (2) Implementation; (3) Evaluation. By providing education about innovative businesses with digital marketing, it can improve community skills, increase business capacity and increase community income by utilizing village potential. Keywords : business actors, Rengginang, social networking, digital marketing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh LPPM STIE AAS. Terbit pertama pada bulan Oktober 2019. BUDIMAS memuat hasil pengabdian kepada masyarakat dalam segala bidang. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, ...