JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS
Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas

Analisis Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar

Hodijah, Siti (Unknown)
Yantoro, Yantoro (Unknown)
Destrinelli, Destrinelli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa dan faktor yang menjadi penghambat dalam membaca permulaan siswa dan solusi yang diambil guru terhadap hambatan dalam membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri No. 145/VII Lubuk Resam IV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang menekankan pada pengumpulan informasi mendalam dan mendetail tentang semua yang berhubungan dengan subjek penelitian, kemudian menghasilkan data secara deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari subjeknya yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan data dokumen mengenai kemampuan  membaca permulaan siswa yang berkaitan dengan, pengenalan huruf, pelafalan huruf, pelafalan suku kata, pelafalan kata dan kalimat serta intonasi dalam membaca teks bacaan. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas II yang belum bisa membaca yang berjumlah 5 orang, orang tua siswa, wali kelas, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 faktor yang menyebabkan permasalahan dalam kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II yaitu faktor internal yang merupakan kurangnya motivasi dalam belajar atau peserta didik kurang berminat dalam belajar dan Faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, guru masih menggunakan metode ceramah atau pembelajaran yang masih berpusat pada guru atau disebut dengan teacher, dan guru masih menggunakan buku paket tidak memanfaatkan media pembelajaran untuk menarik ketertarikan siswa pada proses pembelajaran. Intinya guru mempersiapkan diri agar dapat meminimalisir hal–hal yang dapat memicu timbulnya hambatan dalam membaca permulaan, seperti memahami karakteristik siswa, pengelolaan kelas, metode pembelajaran yang up to date dan penggunaaan media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: kemampuan membaca permulaan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTD

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Basic Education Journal terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Desember dangan e-ISNN 2527-6905 berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan dasara termasuk pendidikan sekolah ...