EDUCENTER JURNAL PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Analisis peran guru dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19

Rifky Apriansyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yustika Irfani Lindawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Pembelajaran daring merupakan suatu pembelajaran yang harus dipersiapkan dengan baik dari mulai dari segi perencanaan, pelaksanaan, hingga kepada evaluasi pembelajaran. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan kajian mengenai bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran daring dilihat dari proses pembelajarannya. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran-peran guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang dengan subjek penelitiannya adalah guru, dan siswa dalam hal ini peneliti melakukan wawancara mengenai beberapa indikator dari peran guru, (1) peran guru sebagai sumber belajar, dalam pembelajaran daring guru memberikan sumber belajar, seperti E-book dan beberapa video pembelajaran (2) peran guru sebagai motivator, guru memberikan motivasi kepada peserta didik (3) peran guru sebagai evaluator, disini guru berperan untuk memberikan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai suatu materi pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan, e-ISSN: 2827-7988, p-ISSN: 2827-8542, is a peer-refereed open-access national journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the fields of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning ...