Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru setelah akhir pembelajaran dengan tujuan untuk membantu dan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada TK BA Aisyiah jumlah responden 30 orang, penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan tahap perencanaan, observasi, wawancara, dokumentasi dan pemberian tes. Dalam hal ini peneliti merancang dan menyusun soal tes yang diberikan kepada siswa sebanyak 6 item, yang terdiri 3 butir soal dalam menggambar segitiga dan 3 butir soal menggambar persegi, untuk melakukan evaluasi hasil belajar siswa dapat analisis melalui hasil gambar siswa dengan ketentuan pemberian skor. Tujuan penelitin ini mengetahui hasil belajar siswa anak usia dini dalam menggambar geometri, hasil penelitian rata-rata tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam menggambar Segitiga terdapat 7,73 pada gambar Persegi memiliki nilai sebesar 8,43 Sedangkan nilai standar deviasi pada gambar segitiga terdapat 0,828 kemudian pada gambar persegi 1,569 dengan jumlah responden 30 orang, dapat disajikan dan dilihat pada tabel 1 Repot Gambar Segitiga dan Persegi maka dapat simpulkan bahwa kemampuan siswa berkembang berada pada kategori sangat baik dan sesuai harapan.
Copyrights © 2024