Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 4 (2024): July

Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini dalam Menggambar Geometri pada TK BA Aisyiah Kalibanger Temanggung

Sahrul, Sahrul (Unknown)
Marfu’ah, Sri (Unknown)
Kusbiantari, Dyah (Unknown)
Hikmawati, Fajar (Unknown)
Fitriyani, Fitriyani (Unknown)
Widyastuti, Novia (Unknown)
Khoeriyah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru setelah akhir pembelajaran dengan tujuan untuk membantu dan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada TK BA Aisyiah jumlah responden 30 orang, penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan tahap perencanaan, observasi, wawancara, dokumentasi dan pemberian tes. Dalam hal ini peneliti merancang dan menyusun soal tes yang diberikan kepada siswa sebanyak 6 item, yang terdiri 3 butir soal dalam menggambar segitiga dan 3 butir soal menggambar persegi, untuk melakukan evaluasi hasil belajar siswa dapat analisis melalui hasil gambar siswa dengan ketentuan pemberian skor. Tujuan penelitin ini mengetahui hasil belajar siswa anak usia dini dalam menggambar geometri, hasil penelitian rata-rata tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam  menggambar Segitiga terdapat 7,73 pada gambar Persegi memiliki nilai sebesar 8,43 Sedangkan nilai standar deviasi pada gambar segitiga terdapat 0,828 kemudian pada gambar persegi 1,569 dengan jumlah responden 30 orang, dapat disajikan dan dilihat pada tabel 1 Repot Gambar Segitiga dan Persegi maka dapat simpulkan bahwa kemampuan siswa berkembang berada pada kategori sangat baik dan sesuai harapan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ISSN 3026-4081 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PAUD publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...