Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Analisis Video Animasi Berbasis Etnomatematika pada Penerapan P5 Kurikulum Merdeka

Lestari, Meldiana (Unknown)
Indah, Mutiara (Unknown)
Apriyanti, Novia (Unknown)
Ningrum, Novita Cintia (Unknown)
Oktarini, Oktarini (Unknown)
Arman, Arman (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka memberi kebebasan kepada guru dan murid untuk berkreasi dalam proses belajar. Salah satu pendekatan kreatif yang mungkin dilakukan adalah menggunakan video animasi yang memadukan matematika dan budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah video animasi tersebut efektif dalam penerapan P5 Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dalam pelaksaannya menggunakan pendekatan investigasi pertemuan.  Penelitian dilakukan dengan cara mengamati, mewawancarai, dan mengumpulkan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi tersebut efektif dalam menyampaikan konsep matematika. Video animasi tersebut membuat konsep matematika menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu, video animasi tersebut juga membantu peserta didik untuk memahami konsep matematika dalam konteks budaya lokal. Berdasarkan pada temuan penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa video animasi tersebut merupakan media pembelajaran yang potensial dalam penerapan P5 Kurikulum Merdeka. Video animasi tersebut dapat membantu guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika secara lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...