Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas IV dengan Gangguan Disleksia di SDN Petungasri 1

Islamy, Fania Amanda (Unknown)
Wachidah, Kemil (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan dengan gangguan disleksia. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat studi kasus pada siswa kelas IV dengan gangguan disleksia di SDN Petungasri 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan tes terkait kemampuan membaca permulaan. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa disleksia memiliki kesulitan dalam mengidentifikasi kata sukar maupun kata dasar, memaknai kata, memahami isi bacaan, dan kesulitan dalam menjawab pertanyaan. Ketidakmampuan menguasai isi bacaan pada siswa dengan gangguan disleksia dikarenakan minat dan perhatian serta gangguan syaraf pusat yang menyebabkan rendahnya kemampuan membaca yang berdampak pada penugasan atau pemahaman kata dalam bacaan. Sehingga pendidik memiliki peran penting untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...