Penelitian ini menyajikan pengembangan modul pengajaran Pancasila Fase A pada platform Android yang dirancang untuk siswa kelas 1 sekolah dasar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan matematika dasar mereka melalui pelajaran pendidikan Pancasila. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan menggunakan model ADDIE, penelitian ini memberikan hasil yang menjanjikan. Kualitas dokumen mendapat skor 100%, dengan nilai 90%, sementara bahan ajar mendapat skor 91,66%, memenuhi kriteria “sangat bernilai”. Tingkat respons siswa terhadap kuesioner adalah 94,86%, yang menunjukkan kepraktisan yang tinggi. Efektivitas modul elektronik Pancasila ditemukan tinggi, dengan peningkatan yang signifikan pada nilai pre-test dan post-test siswa (N-Gain = 0,72). Modul elektronik berbasis Android ini menunjukkan validitas, kepraktisan, dan efektivitas sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 1 SD, sehingga dapat mengatasi kesenjangan pengetahuan yang ada dan memberikan implikasi untuk praktik pendidikan di masa depan.
Copyrights © 2024