Indonesian Culture and Religion Issues
Vol. 1 No. 2 (2024): April

Peluang dan Tantangan Pusat Studi Dakwah Bagi Penyebaran Islam di Konteks Lokal: Studi Kasus pada Channel Youtube Pandara Muslim

Pratiwi, Indah Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Dakwah di Indonesia telah berlangsung sejak lama, namun seringkali menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan budaya lokal. Upaya penyebaran Islam perlu mempertimbangkan keunikan dan karakteristik masyarakat setempat agar pesan-pesan keislaman dapat diterima dengan baik. Dalam era digital yang semakin berkembang, media sosial dan platform online seperti YouTube telah menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan pesan-pesan agama, termasuk Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang dan tantangan pusat studi dakwah bagi penyebaran islam di konteks lokal: studi kasus pada channel youtube pandara muslim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan terhadap konten-konten dakwah yang terdapat di channel YouTube Pandara Muslim, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Channel YouTube Pandara Muslim memiliki potensi yang besar untuk menjadi pusat studi dakwah bagi penyebaran Islam di konteks lokal budaya Mandar. Channel YouTube Pandara Muslim menghadapi beberapa tantangan dalam menyebarkan Islam di konteks lokal budaya Mandar, antara lain potensi penyebaran paham radikalisme dan intoleransi, kurangnya literasi media masyarakat Mandar, dan keterbatasan sumber daya manusia dan finansial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diksima

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Culture and Religion Issues ISSN 3047-3586 discussing the dynamics of the relationship between culture and religion in the context of Indonesia, including the interaction between cultural diversity and religious pluralism in the country. Possible topics may encompass social, economic, ...