Penelitian ini menyelidiki manajemen kurikulum khas pesantren di Pondok Pesantren Ar-Raudlotul Ilmiyah (YTP) Kertosono, dengan fokus pada perencanaan, implementasi, evaluasi, dan hambatan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lensa fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan pemanfaatan struktur kurikulum Kulliyatul Mu'allimin Mu'allimat al-Islamiyah (KMMI), yang terdiri dari kegiatan intra-kurikuler, kokurikuler, dan ekstra-kurikuler. Perencanaan melibatkan persiapan tahunan oleh tim penyusun kurikulum, diikuti dengan implementasi yang terorganisir dan selaras dengan visi dan misi sekolah. Evaluasi dan pemantauan dilakukan secara rutin. Hambatan yang dihadapi antara lain penghapusan mata pelajaran, pengurangan jadwal siswa, dan dampak pandemi COVID-19 terhadap seluruh kegiatan kurikulum. Penelitian ini menjembatani kesenjangan dalam memahami manajemen kurikulum pesantren, menawarkan wawasan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan tantangan, sehingga dapat menjadi masukan bagi pengembangan kurikulum dan kebijakan pendidikan di masa depan.
Copyrights © 2024