Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 2 No. 1 (2010): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Paradigma Baru Pendidikan Islam Berbasis Pemberdayaan Peserta Didik

Miftah, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2024

Abstract

Paradigma lama pendidikan Islam yang telah terbangun sejak abad pertengahan (periode Islam), dengan mengkaji dan mempelajari teks-teks keagamaan dengan metode hafolan, bersifot mekanis, mengutamakan pengkayaan materi, sudah harus ditinggalkan untuk menuju paradigma baru pendidikan. Pendidikan dan pengajaran dalam Islam bukanlah sekedar kegiatan untuk mewariskan harta kebudayaan dari generasi terdahulu kepada generasi penggantinya yang hanya memungkinkan bersifot reseptif, pasif, menerima begitu saja.Artikel ini ditulis dengan tujuan sebagai tukar pikiran dan sekaligus memberikan sumbangan pemikiran bagi dunia pendidikan Islam,  dengan harapan semoga menjadi pencerahan/wacana bagi pendidikan Islam  dalam mengembangkan dan melatih peserta didik untuk lebih bersifot direktif, mendorong agar selalu berupaya maju, kreatif dan berjiwa membangun.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...