Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam
Vol. 7 No. 2 (2015): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Pengembangan Instrumen Baku Penilaian Kualitas Lembar Kerja Siswa Tematik Sub Sains Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Hidayat, Panji (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik instrumen penilaian LKS tematik subsains SD kelas tinggi yang layak ditinjau dari aspek keterbacaan, validitas, objektivitas, kesistematisan, dan praktikabilitas. Instrumen ini digunakan sebagai instrumen penilaian kualitas LKS tematik subsains SD kelas tinggi. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model procedural yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Subyek penilai instrument ini meliputi ahli evaluasi dan ahli media yang bertindak sebagai reviewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument penilaian kualitas diperoleh rata-rata 89 dengan kualitas sangat baik (SB). Rerata keterbacaan: 72 9 (baik/B), rerata validitas: 4,2 (baik/B), rerata objektivitas: 4,2 (baik/B), rerata kesistematisan: 4,4 (sangat baik/SB), dan rerata praktikabilitas: 4,2 (baik/B). Jadi, instrumen penilaian kualitas LKS tematik sub sains SD kelas tinggi ini layak digitnakan sebagai instrumen penilaian kualitas LKS tematik SD.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

The Scope journal studies the theories with practices of primary education and islamic primary education in islamic country intends to express original research searches and current issues. This journal welcomes the contributions of scholars from related fields warmly that consider the following ...