HYPOTHESIS : MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF SOCIAL SCIENCES
Vol 2 No 02 (2023): HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences

PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DI SMP TRI BUDI MULIA PALEMBANG

Marlia, Ani (Unknown)
Salsabila, Anisa Kholizah (Unknown)
Hasana, Alfiyah (Unknown)
Hasana, Nabila (Unknown)
Padlah, Ummul (Unknown)
Ilvansyah, Ilvansyah (Unknown)
Leonardo, Leonardo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Dalam dunia pendidikan Islam, sudah tentu peran guru Pendidikan Agama Islam dan guru Bimbingan dan Konseling akan disebut-sebut dalam masalah perilaku atau akhlak peserta didiknya. Akhlak merupakan topik yang mendapat perhatian lebih, terutama dalam bidang bimbingan dan nasehat. Karena akhlak merupakan cerminan kemanusiaan. Tidak hanya nilai akhlak, tetapi juga nilai akidah dan nilai ibadah. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif. Metode kualitatif sendiri adalah metode yang digunakan untuk meneliti sebuah objek alamiah. Peneliti disini berperan sebagai instrument kunci dan pengumpulan data beserta analisisnya bersifat induktif. Hasil penelitian kualitatif menekankan makna daripada generalisasi. Tempat penelitian yang diteliti adalah SMP Tri Budi Mulia Palembang. Adapun pemilihan tersebut untuk mencari tahu bagaimana peran seorang guru agama dan guru BK dalam menanamkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai ajaran Islam, Permasalahan siswa-siswi SMP Tri Budi Mulia Palembang berdasarkan hasil wawancara mengenai permasalahan yang menjadi bimbingan konseling dengan guru BK dan guru agama di SMP Tri Budi Mulia Palembang, terdapat dua permasalahan utama yang dilakukan oleh siswa. Adapun permasalahan- permasalahan tersebut adalah rendahnya tingkat kejujuran dan kurangnya kedisiplinan. Permasalahan yang demikian ini merupakan tantangan zaman modern yang harus dihadapi dan diselesaikan oleh para pendidik. Penanggulangan permasalahan ini haruslah dengan cara yang bersifat tersistematisasi. SMP Tri Budi Mulia Palembang menggunakan Ajaran Islam pada hakikatnya diungkapkan dari konsep Islam yang paling mendasar dan mendasar, yaitu keyakinan terhadap keesaan Allah. Dalam ajaran Islam, pendidikan agama Islam sangat penting bagi siswa. Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana untuk mempersiapkan peserta didik agar mengetahui, memahami, menghayati, mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hypothesis

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences is a scientific journal in Multidisipliner Sciences published by Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia with e-ISSN : 2963-640X (Online) is a quarterly journal that is published in Juny and December. ...