Widya Didaktika: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 3 No. 1 (2024): Widya Didaktika Vol 3, No 1, Juni 2024

ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE

Muhammad Rizky Primanandita (PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta)
Heru Purnomo (PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta)
Rian Nurizka (PGSD FKIP Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Tujuan utama dari penelitian untuk mengevaluasi kefektifan model kooperatif “Think Talk Write” untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat siswa kelas III SD. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dengan menggunakan Teknik deskriptf. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif, yaitu menyajikan temuan dalam format naratif yang disertai persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas III SD Muhammadiyah Ambarbinangun menunjukkan Kemahiran yang kuat dalam menulis kalimat sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 siswa (mewakili 65% dari total) mencapai tingkat kemahiran tinggi dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Selain itu, 5 siswa (22% dari total) tergolong “Baik”, dan 3 siswa (13% dari total) dianggap memiliki keterampilan menulis yang cukup. Secara keseluruhan, kesimpulannya adalah kemampuan menulis siswa di kelas III secara umum baik, sebanyak 20 siswa (65% + 22% = 87%) mencapai tingkat kemahiran Sangat Baik atau Baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

widyadidaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Widya Didaktika menyajikan artikel ilmiah berupa analisis, kajian, dan aplikasi teori, hasil penelitian, pembahasan kepustakaan tentang pendidikan dan pengajaran yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu ...