Pendidikan agama merupakan sendi pokok pengetahuan dalam membentuk kepribadian seseorang. Sehingga guru dapat memanfaatkan nilai-nilai multikultural untuk membentuk kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan implikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan perilaku siswa berbasis multikultural. Untuk menjawab permsalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan menggunakan sumber data pimer yang mencakup kepala sekolah, guru PAI dan siswa dan sumber data sekunder mencakup berkas-berkas kegiatan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Adapun penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan perilaku siswa berbasis multikultural di SDN Lombokita yakni memandang dan menempatkan semua siswa sebagai orang yang sederajat, dan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, seperti nilai menghormati perbedaan, bersikap adil, perilaku jujur, tanggungjawab, ketulusan amanah, percaya diri, kerjasama dan musyawarah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023