Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 02 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar PAI

Hafshah Nur Afifah (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Muhyani Muhyani (Universitas ibn Khaldun Bogor)
Sutisna Sutisna (Universitas Ibn Khaldun bogor)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Rancangan ini memiliki pretest yaitu kelompok kelas eksperimen dengan metode discovery learning dan kelompok kelas kontrol dengan metode diskusi. Kemudian diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda dengan pelajaran yang sama. Batasan berdasarkan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MAN 2 Kabupaten Bogor. mata pelajaran Fiqh dengan hasil belajar yang diinginkan.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran discovery berpengaruh terhadap hasil belajar fikih kelas X MAN 2 Kabupaten Bogor. Berdasarkan perhitungan Independent Sample t test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 3,612 dengan jumlah siswa 60 orang. Pengambilan keputusan dengan melihat hasil sig. (2-ekor) adalah 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa angka lebih kecil dari 0,05 maka keputusan berdasarkan pada sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau Ha diterima, jadi dari data di atas terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.Jadi, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...