Proses rekrutmen guru penting dilakukan secara efektif dan efisien. Ketidak efektifan proses rekrutmen akan memberikan dampak Sekolah memperoleh guru yang kurang baik. Penelitian terkait rekrutmen guru telah banyak membahas bahwasannya kualitas rekrutmen mempengaruhi kualitas guru yang diterima oleh lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kajian mengbangkan proses manajemen rekrutmen guru dilandaskan pada manajemen proses PDCA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview semua artikel terkait manajemen rekrutmen dalam kurun waktu 2018-2022. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 18 artikel yang diperoleh dari Lens.org. Peneliti menggunakan PRISMA untuk menganalisis data yang terkumpul. Berdasarkan penelitian didapatkan sebuah kerangka manajemen rekrutmen yang merujuk pada siklus PDCA. Kegiatan rekrutmen diawali dengan kegiatan plan yang dimulai dari kegiatan analisis kebutuhan dan pemilihan metode rekrutmen. Kegiatan pelaksanaan diawali dengan penetapan panitia pelaksana rekrutmen, yang dimana bertugas untuk penetapan persyaratan calon guru, prosedur pendaftaran, jadwal rekrutmen dan penyiapan bahan ujian. Kegiatan dilanjutkan  kegiatan publikasi informasi lowongan sampai pada proses seleksi calon guru. Kegiatan Check dilakukan untuk menganalisis kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan, hasil yang dicapai pada kegiatan rekrutmen, untuk mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan selam proses rekrutmen. Kegiatan Act sebuah tindak lanjut hasil evaluasi untuk dilakukan pengembangan manajemen proses rekrutmen dimasa yang akan datang. Serangkaian kegiatan diatas dilakukan berulang menjadi sebuah siklus yang bertujuan untuk selalu mengarah perbaikan.
Copyrights © 2023