Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program moderasi beragama STAI Musaddadiyah Garut Indonesia melalui pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Lalu, tujuan lainnya adalah untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama yang ada di STAI Musaddadiyah Garut Indonesia. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Lalu dalam penelitian ini menggunakan tahapan pendekatan studi deskriptif, dengan mengakses beberapa sumber data yang bersifat sekunder yang memuat literatur-literatur, buku, jurnal, karya tulis Ilmiah terkait data moderasi beragama di STAI Musaddadiyah Garut. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa konsep moderasi beragama di STAI Al-Musaddadiyah Garut ini dapat disalurkan melalui proses penyampaian pembelajaran PAI. Upaya STAI al-Musaddadiyah dalam mengimplementasi program moderasi beragama dengan memperkaya literasi-literasi moderasi beragama, media sosial atau website, merealisasikan keaktifan mahasiswa dalam memperkaya produk literasi itu sendiri melalui karya tulis ilmiah seperti jurnal, skripsi, hingga tesis. Rasionalisasi implementasi moderasi beragama di STAI al-Musaddadiyah karena adanya faktor tantangan yang muncul dari pihak eksternal seperti kemajemukan masyarakat Indonesia. Adapun nilai moderasi beragama yang ditanamkan diantaranya sikap perdamaian, derajat persamaan Islam, tidak melakukan hal yang zalim, kepedulian, cinta dan kasih sayang terhadap seluruh makhluk.
Copyrights © 2023