Equilibrium Point : Jurnal Manajemen Bisnis
Vol 6, No 1 (2023): Equilibrium Point : Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP MUTU PELAYANAN PADA KANTOR PUSAT BANK BNI DI JAKARTA PUSAT

Feriandy Feriandy (Unknown)
Giasnia Rika Nurry (Unknown)
Ifah Masrifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Insentif merupakan faktor yang sangat penting dalam memberikan umpan balik kepada pegawai. Pimpinan organisasi juga perlu mengetahui latar belakang penyebab menurunnya Mutu pelayanan dan menurunnya mutu pelayanan, salah satunya masalah pengaruh insentif terhadap kerja pegawai, pimpinan organisasi harus memperhatikan prinsip keadilan dan kelayakan sesuai prosedur organisasi agar mencapai pegawai yang bermotivasi tinggi dan mencapai tujuan organisasi.Tujuan dalam penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pemberian insentif pengaruhnya terhadap mutu pelayanan pada Kantor Pusat Bank BNI di Jakarta Pusat”.Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh nantinya berupa angka. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Pusat Bank BNI di Jakarta Pusat yang berjumlah 150 orang. Terkait hal penelitian, penulis menggunakan teknik Rumus Slovin. Dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka diambil sampel sebanyak 60 pegawai pada Kantor Pusat Bank BNI di Jakarta Pusat sebagai responden dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh Pemberian Insentif (X) berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pelayanan (Y), karena nilai thitung untuk variabel X (Pemberian Insentif) sebesar 12.906, sedangkan nilai ttabel untuk n = 60 sebesar 2.000. Jadi 12.906 2.000, dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Pemberian Insentif (X) berpengaruh terhadap Mutu Pelayanan (Y). Sedangkan untuk nilai R Square sebesar 0.742 artinya bahwa pemberian insentif memiliki pengaruh sebesar 74.2% terhadap mutu pelayanan sedangkan sisanya sebesar 25.8% berpengaruh dengan faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini.Kata Kunci: Pemberian Insentif dan Mutu Pelayanan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EBP

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

Jurnal Equilibrium Point : Jurnal Manajemen dan Bisnis adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Mitra Bangsa. Jurnal ini membahas berbagai hal dalam manajemen dan bisnis, termasuk strategi, teknik, dan praktik manajemen dan bisnis. Jurnal ini menyajikan penelitian terkini tentang aspek ...