Program PPM yang dilakukan oleh tim dosen beserta mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Desa Slempit dalam mengoptimalkan pemasaran secara online yang ada sehingga pelaku UMKM mampu bertahan bahkan dapat meningkatkan pendapatan dengan melakukan pemasaran secara online selama masa pandemi Covid-19. Program PPM diawali di masa pandemi dalam situasi pendapatan UMKM di Desa Slempit Kabupaten Gresik Jawa Timur mengalami penurunan, sistem pemasaran yang digunakan masih konvensional dan manual. Metode pelaksanaan Program PPM dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: penyuluhan, pendampingan, dan evaluasi pelaksanaan. Kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan di masa pandemik yaitu: 1). Memperkuat strategi pemasaran melalui konten social media; 2). Membuat konsep foto produk dan kemasan makanan yang sesuai; 3). ‘Share’ konten beberapa kali. Sosial Media yang dipergunakan dalam pemasaran secara online adalah Youtube, Facebook, Instagram, WhatsApp dan Twitter.
Copyrights © 2021