EKOBIS ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 2 (2021): Desember

Optimasi Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19

Ulfa Puspa Wanti Widodo (Unknown)
Christina Menuk Sri Handayani (Unknown)
Siti Istikhoroh (Unknown)
Mohamad Afrizal Miradji (Unknown)
Suharyanto Suharyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang ditetapkan oleh pemerintah menimbulkan dampak negatif bagi perekonomian masyarakat Indonesia terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penurunan pendapatan sangat dirasakan oleh UMKM, salah satunya yang ada di Desa Dukuh Menanggal, Gayungan-Surabaya. Salah satu faktor kurangnya pendapatan UMKM di desa tersebut karena masih belum memanfaatkan pasar digital dengan alasan keterbatasan keterampilan dalam mengakses teknologi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi media sosial khususnya Instagram sebagai salah satu langkah memanfaatkan pasar digital untuk meningkatkan penjualan terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Metode yang digunakan adalah penyuluhan yang diikuti dengan pendampingan yang berfokus pada optimasi penggunaan Instagram Ads sebagai sarana peningkatan penjualan. Output dari penggunaan Instagram Ads sebagai salah satu alternatif bagi UMKM antara lain memperluas pangsa pasar UMKM, meningkatkan brand-awareness produk UMKM, dan secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekobisabdimas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

FOCUS and SCOPE EKOBIS ABDIMAS :Jurnal Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memiliki kajian ruang lingkup pada topik di bidang: Pembangunan manusia dan daya saing bangsa Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal Pengelolaan wilayah ...