IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu
Vol 2 No 1 (2023): IBERS: Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu - Juni 2023

Hasil Belajar Siswa Melalui Media Flashcards Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Fastabiqul Khairat

Desy Arini (Universitas Terbuka)
Jaka Warsihna (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia berfokus pada menulis, membaca, dan memahami setiap kata. Siswa dapat menulis kata dari buku yang dibacanya jika mengetahui banyak kosakata dan dapat membuat kalimat sendiri. Namun, hal tersebut tidak sebanding dengan hasil belajar peserta didik masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Fastabiqul Khairat Samarinda. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media flashcards. Pada tes awal, nilai rata-rata 61, delapan dari 25 siswa pada tahap pra-siklus (32%) mencapai nilai lebih tinggi dari KKM. Sebanyak 14 siswa (56 %) mencapai nilai di atas KKM. Setelah peneliti menerapkan peningkatan pembelajaran pada Siklus I hasil nilai dengan rata-rata 72. Kemudian hasil belajar meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata skor 79 yang dicapai oleh 21 siswa atau 84 persen yang mendapat nilai di atas KKM. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan flashcards dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Fastabiqul Khairat.    

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal-ibers

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IBERS : Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu. (IBERS) adalah jurnal yang mempublikasikan artikel pendidikan dalam rangka mendidik anak bangsa. Jurnal ini menerima artikel dengan pendekatan penelitian kualitatif, kuantitatif dan Mix Method dengan tema : Integritas, nasionalisme, moral dan etika. ...