Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education
Vol 5 No 1 (2024)

Hubungan Kepemimpinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Kota Medan

Chairiyah, Tengku Armita (Unknown)
Siregar, Aguansyah Maulana (Unknown)
Sahputra, Muhammad (Unknown)
Lika, Natasya Putri (Unknown)
Tanjung, Sri Wahdina (Unknown)
Wasiyem, Wasiyem (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Dalam kepemimpinan, seorang guru harus memiliki kemampuan mempengaruhi, mengarahkan, membimbing, atau mengelola peserta didiknya untuk melakukan tindakan tertentu dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ini penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran dengan membuat lingkungan belajar menyenangkan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan guru dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dan menggunakan alat pengumpulan data berupa survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan guru dengan motivasi belajar peserta didik. Pergantian posisi kepemimpinan guru secara terus menerus dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik pada Fakultas ULP Kelas XI SMK Negeri 7 Medan.

Copyrights © 2024