Pembelajaran  berbasis  reciprocal  teaching  dapat  diterapkan  sebagai  salah  satu alternatif untuk  meningkatkan  kemampuan  berpikir  kritis  dan  antusiasme  belajar karena memberikan peluang kepada peserta didik untuk mengeksplorasi secara bebas namun terarah terhadap ide-ide melalui strategi-strategi kognitif meliputi: klarifikasi, prediksi, membuat pertanyaan, dan merangkum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan antusiasme belajar matematika peserta didik melalui penerapan pembelajaran berbasis reciprocal teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 24 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 29 orang. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) Tes kemampuan  berpikir  kritis;  (3)  Angket  antusiasme  belajar  peserta  didik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan persentase keterlaksanaan pembelajaran  pada  siklus  1  sebesar  28,7%  pada  pertemuan  1  dan  100%  pada pertemuan 2 ke siklus 2 sebesar 100%; (2) Terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dari pra tindakan ketuntasan klasikal 0%, ke siklus 1 ketuntasan klasikal 72, 41%, dan pada akhir siklus 2 ketuntasan klasikal 79,31%; (3) Terjadi peningkatan antusiasme belajar peserta didik yang mulanya 48% pada kriteria tinggi dan 52% kriteria sedang menjadi 20,69% peserta didik kriteria sangat tinggi 62, 07% kriteria tinggi, dan 17, 24 kriteria sedang di akhir siklus 2.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020