Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang telah masuk dalam kurikulum Indonesia. Dengan status bahasa inggris sebagai bahasa internasional (English as an International Language), Sebuah materi akan mampu dipelajari oleh peserta didik tergantung dengan bagaimana guru mempersiapkan rencana pemebelajaran yang didalamnya mengandung metode, strategi maupun teknik. Concept Cartoon adalah salah satu strategi mengajar yang bertujuan agar peserta didik mampu berpikir atau memecahkan masalah dengan menggunakan gambar atau poster sederhana. Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 74 Lubuklinggau ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan Penerapan pembelajaran Bahasa Inggis dengan Concept Cartoon di SD Negeri 74 Lubuklinggau Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analasis data dalam penelitian ini melalui tahap, yaitu: pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Concept Cartoon merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara (Speaking) peserta didik.
Copyrights © 2024