Advantage: Journal of Management and Business
Vol. 2 No. 1 (2024): Juni 2024

Perilaku Adopsi Cahsless Sebagai Dampak Insentif Keuangan (Cashback, Diskon & Program Loyalitas)

Arizal Hamizar (IAIN Ambon)
Muhammad R Nacikit (IAIN Ambon)
Mohammad H Holle (IAIN Ambon)
Kamaruddin (Universitas Darussalam)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami perilaku konsumen terkait penggunaan pembayaran cashless dan respon terhadap insentif keuangan dalam konteks pasar digital. Fokus utama penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam mengadopsi pembayaran cashless serta mengeksplorasi sejauh mana insentif keuangan seperti cashback, diskon dan program loyalitas dalam mendorong perubahan perilaku konsumen. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data utama adalah wawancara mendalam atau depth interview terhadap informan terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi pembayaran cashless telah meningkat secara signifikan di kalangan berbagai kelompok usia, terutama generasi muda. Insentif keuangan, seperti diskon, cashback, dan program loyalitas, memiliki dampak positif dalam memotivasi konsumen untuk menggunakan pembayaran non-tunai. Pengalaman konsumen terkait dengan program insentif keuangan menyoroti pentingnya desain program yang mudah dipahami dan interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

advantage

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Other

Description

Advantage: Journal of Management and Business, sebagai media kajian ilmiah dari hasil penelitian, pemikiran dan kajian dan implementasi berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen dan Bisnis. Fokus dan ruang lingkup Advantage: Journal of Management and Business: - Ilmu Manajemen - Manajemen Keuangan - ...