Journal of Foreign Language Learning and Teaching
Vol 3, No 2 (2023)

Apakah Self Confidence dan Maharah Al-Kalam memiliki Korelasi?

Murti Ayu Imelda (Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya)
Yulia Rahmah (Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Perbedaan latar belakang sekolah mahasiswa cenderung mempengaruhi self confidence terhadap kompetensi mereka. Kompetensi yang dimiliki mahasiswa dapat mempengaruhi tingkat Self confidence. Self confidence merupakan salah satu penunjang dalam meningkatan keterampilan mahasiswa, khususnya untuk kemampuan maharah al-kalam mahasiswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat self confidence, tingkat maharah al-kalam, dan hubungan antara self confidence dengan maharah al-kalam mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Variabel dalam penelitian ini adalah self confidence (X) dan maharah al-kalam (Y). Sampel penelitian sebanyak 89 responden mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab tahun angkatan 2019 s/d 2022 IAIN Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dengan Angket dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tingkat self confidence dengan nilai rata-rata 3,45 dominan pada kategori cukup. 2) Tingkat maharah al-kalam dengan rata-rata 83,02 dominan pada kategori baik. 3) Self confidence dan maharah al-kalam mahasiswa menunjukkan bahwa nilai p-value sebesar 0,143 > 0,05 yang berarti tidak memiliki korelasi.Kata Kunci: Self Confidence; Maharah Al-Kalam

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jofllt

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JoFLLT: Journal of Foreign Language Learning and Teaching The journal welcomes research-based papers that touch on the foundations of Arabic and English language teaching and learning with insights from applied linguistics, literature, and related academic disciplines. The editor welcomes scholars, ...