Eunoia : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 4, No 1 (2024): EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia)

ANALISIS KALIMAT EFEKTIF PADA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN

Perangin-angin, Esra (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Prima Indonesia)
Sibuea, Manna Uli (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Prima Indonesia)
Angelia, Maya (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Prima Indonesia)
Beru Ginting, Sri Dinanta (Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi Politeknik Negeri Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis kalimat efektif pada teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan pikiran atau gagasan penulisnya sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Kalimat efektif mampu membuat pendengar atau pembaca memahami dan memaknai apa yang dimaksud penulis dalam menyampaikan informasinya. Adapun tujuan untuk mengetahui kalimat efektif pada teks berita serta memahami bentuk atau wujud kalimat efektif pada teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan model Milles dan Humberman model analisis interaktif mempunyai 3 komponen reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (drawing and verifying conclusions). Data penelitian ini adalah kesalahan kalimat efektif pada teks berita.  Sumber data penelitian ini adalah teks berita siswa. Hasil penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan kalimat efektif pada teks berita siswa belum mengarah pada keefektifan kalimat, karena syarat untuk mencapai kalimat efektif belum terpenuhi. Dari dua puluh sembilan teks berita siswa ditemukan banyak kesalahan, yaitu ditemukan empat kesalahan pada aspek kesepadanan dan kesatuan, empat kesalahan pada aspek kesejajaran (paralelisme), lima kesalahan pada aspek penekanan dalam kalimat, dan enam belas kesalahan pada aspek kehematan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eunoia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

EUNOIA : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal EUNOIA diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan ataupun studi pustka) kajian teoritis maupun kritis dengan ranah kajian sebagai berikut, yaitu: (1) pengembangan dan desain ...