Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar IPS siswa kelas IV MI An-Nasriyah Pringgarata. Data penelitian dikumpulkan melalui analisis studi dokumen, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI An-Nasriyah Pringgarata berjumlah 14 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisisx deskriptif kualitatif, model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam keanekaragaman materi di Indonesia, sumber daya alam, kegiatan ekonomi, pekerjaan, dan kerajaan pada masa Hindu, Budha, dan Islam. Bentuk kesulitan belajar adalah sulit memahami materi pelajaran atau tugas dan mudah lupa setelah mempelajarinya. Kesulitan terjadi karena siswa melalui materi IPS yang banyak sehingga berdampak pada ketidakpahaman, kurangnya minat terhadap pelajaran IPS, kurangnya pendampingan orang tua saat belajar, terbatasnya sumber belajar, pelaksanaan pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar IPS: guru mengamati proses dan hasil belajar siswa, membiarkan siswa mencari informasi di internet, orang tua menyuruh anaknya membacakan materi, mengikutsertakan anaknya dalam bimbingan belajar, siswa membaca ulang materi, bertanya orang tua, dan mencari informasi di internet. Penelitian ini dapat dijadikan pedoman dalam meminimalisir kesulitan belajar IPS.
Copyrights © 2024