REFORM : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN BUDAYA
Vol. 5 No. 03 (2022): REFORM : Jurnal Pendidikan, Sosial, & Budaya

Pengembangan Game Teka-Teki Silang Untuk Memperkenalkan Stres Akademik Siswa Di MTS Negeri Tarakan

Anggraini, Kiki Marselia (Unknown)
Riski Sovayunanto (Unknown)
Tri Cahyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2023

Abstract

Pengembangan Game Teka-teki Silang Untuk Memperkenalkan Stres Akademik Siswa Di MTs Negeri Tarakan”, Stres Akademik merupakan sebuah bentuk dari tekanan-tekanan yang terjadi pada siswa yang di akibatkan oleh persaingan dan tuntutan akademik sehingga diperlukan layanan bimbingan klasikal yang inovatif terkait stress akademik. Layanan inovatif terdiri dari media yang digunakan disesuaikan dengan pola pikir dan kebutuhan siswa agar layanan klasikal yang diberikan tidak monoton atau membosankan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kelayakan media permainan teka-teki silang dalam mengenalkan stress akademik siswa MTS Negeri Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan atau Research and Development (R&D). Permainan teka-teki silang ini diuji oleh ahli media, ahli materi dan menggunakan kelompok kecil sebanyak 41 siswa. Hasil penilaian ahli media sebesar 9,3 atau 75%, ahli meteri memberikan nilai 7,6 atau 70,1%, dengan total keseluruhan skor dari kelas delapan yaitu 1451 atau 85% artinya media permainan teka teki silang dikatakan layak. Hal ini di perkuat oleh hasil uji skala kecil pada kelas 7 yaitu 84,6 atau 85% sehingga secara keseluruhan permainan teka-teki silang dengan media power poin layak digunakan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

reform

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah REFORM diterbitkan oleh HAMJAH DIHA FOUNDATION, merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil pemikiran kirtis (kajian) dan penelitian di bidang Pendidikan, Sosial, dan Budaya. Jurnal ini pula sebagai media komunikasi ilmiah bagi para akademisi, pemerhati dan peneliti dari ...