Journal of Biology, Chemistry, Mathematics and Physics Education
Vol 1 No 1 (2024): Februari

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Handout terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah Samo Tahun Pembelajaran 2023/2024

Dahlia, Dahlia (Unknown)
Mubarrak, Jismi (Unknown)
Dwiyanti, Septi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait masalah rendahnya capaian hasil belajar siswa dalam memahami materi sistem pencernaan makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak penerapan model pengajaran dan pembelajaran kontekstual dengan bantuan handout (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rambah Samo selama tahun akademik 2023/2024. Dengan menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental, penelitian ini melakukan pengambilan sampel secara purposif untuk memilih partisipan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Rambah Samo, dengan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 31 siswa. Skor rata-rata hasil belajar untuk kelompok eksperimen adalah 82.32, sedangkan untuk kelompok kontrol adalah 76.00. Analisis data menggunakan uji-t menghasilkan t hitung sebesar 3.40, melebihi nilai kritis tabel t sebesar 2.00 pada tingkat signifikansi 0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model CTL dengan bantuan handout secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochamp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ruang lingkup tulisan yang akan diterbitkan pada jurnal ini antara lain: 1. Strategi, metode, model pembelajaran mencakup biologi, kimia, matematika dan fisika. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. 2. Media Pembelajaran meliputi pengembangan dan ...