Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait masalah rendahnya capaian hasil belajar siswa dalam memahami materi sistem pencernaan makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak penerapan model pengajaran dan pembelajaran kontekstual dengan bantuan handout (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rambah Samo selama tahun akademik 2023/2024. Dengan menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental, penelitian ini melakukan pengambilan sampel secara purposif untuk memilih partisipan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas delapan di SMP Negeri 1 Rambah Samo, dengan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 31 siswa. Skor rata-rata hasil belajar untuk kelompok eksperimen adalah 82.32, sedangkan untuk kelompok kontrol adalah 76.00. Analisis data menggunakan uji-t menghasilkan t hitung sebesar 3.40, melebihi nilai kritis tabel t sebesar 2.00 pada tingkat signifikansi 0.05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model CTL dengan bantuan handout secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa
Copyrights © 2024