Journal of Biology, Chemistry, Mathematics and Physics Education
Vol 1 No 1 (2024): Februari

Pengembangan Media Video Praktikum Menggunakan Aplikasi Canva pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester V FKIP Universitas Pasir Pengaraian

Dahlia, Dahlia (Unknown)
Mubarrak, Jismi (Unknown)
Febriani, Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media video praktikum fisiologi tumbuhan bagi mahasiswa biologi semester V FKIP Universitas Pasir Pengaraian. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d Juli 2023, menggunakan model Research and Development Brog and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video praktikum fisiologi tumbuhan mahasiswa biologi semester V secara keseluruhan dinyatakan “layak” dengan rata-rata 75,98%. Berdasarkan validasi ahli bahasa dengan perolehan rata -rata 82,85% termasuk kategori "sangat tepat", validasi para ahli media dengan akuisisi rata -rata 85,33% termasuk kategori "sangat layak", dan validasi para ahli material dengan ahli materi rata-rata perolehan sebesar 62,66% termasuk kategori “layak”, uji coba individu dengan rata-rata perolehan sebesar 67,11% termasuk dalam kategori “cukup”, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata perolehan persentase sebesar 75,22% termasuk dalam kategori “cukup”, dan uji coba lapangan dengan rata-rata sebesar 82,94% termasuk dalam kategori “sangat layak”. Jadi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video praktikum fisiologi tumbuhan layak digunakan oleh pendidik dan siswa dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochamp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ruang lingkup tulisan yang akan diterbitkan pada jurnal ini antara lain: 1. Strategi, metode, model pembelajaran mencakup biologi, kimia, matematika dan fisika. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. 2. Media Pembelajaran meliputi pengembangan dan ...