Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 1 No. 3b (2024): JULI (Tambahan)

Problem Pendidikan Islam di Era Kontemporer

M. Yunus Abu Bakar (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Intan Dwi Safitri (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Salma Novi Safitri (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Artikel ini membahas problem pendidikan islam yang mencakup berbagai bidang. Sementara di era kontemporer problem pendidikan islam condong mengarah salah satu bidang yang diklarifikasi menjadi 2 faktor : yang pertama, problem internal yaitu paradigmatik, dan kualitas para tenaga pendidik. Dan faktor yang kedua, problem eksternal yaitu teknologi di era globalisasi dan akulturasi budaya. Hal ini sebagai tantangan pendidikan islam dalam beradaptasi mengenai berbagai situasi atau kondisi disetiap perkembangan zaman. Dalam mengatasi problem pendidikan islam perlu adanya pihak petinggi yang memiliki wewenang tersebut yaitu menteri pendidikan dan staf-stafnya.Selain itu pula,tenaga pendidik dan masyarakat ikut berkontribusi dalam mengatasi problem pendidikan islam. Solusi dalam menangani problem pendidikan islam dibutuhkan kerjasama berbagai pihak dalam mewujudkannya, melalui terbentuknya kebijakan-kebijakan dalam memperbaiki kualitas pendidikan islam seutuhnya.artikel ini di bahas menggunakan metode penelitian berbasis kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan pendekatan sumber literatur seperti jurnal,artikel dan sumber literatur lainya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...