cover
Contact Name
Dedi Sufriadi
Contact Email
mister@serambimekkah.ac.id
Phone
+6285260082672
Journal Mail Official
mister@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH Jl. Tgk. Imum Lueng Bata, Bathoh, Banda Aceh, Indonesia 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
ISSN : 3032601X     EISSN : 30327105     DOI : https://doi.org/10.32672/mister
The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, Islamic & Religious Studies, Health & Medicine, and Environment & Sustainability.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 672 Documents
Pengaruh Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee di Kabupaten Tebo Haikal Pratama; Uli Haflita
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i1.1006

Abstract

This research aims to determine the influence of testimonials on purchasing decisions via the Shopee Application in Tebo Regency. The type of research used is quantitative descriptive through the results of distributed questionnaires. The population used in this research is all consumers who have purchased products via the Shopee Application in Tebo Regency, the exact number of which is unknown. The sampling technique was carried out using a purposive sampling method of 70 people. Results of data analysis using simple linear regression. The research results show that there is a significant influence of testimonials on purchasing decisions via the Shopee Application in Tebo Regency.
Semangat Kerja dalam Menunjang Produktivitas Karyawan (Kajian Literatur) Marzuki; Dedi Sufriadi
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i1.1007

Abstract

Semangat kerja merupakan salah satu faktor dominan yang mempengaruhi tingkat produktivitas kerja. Semangat kerja ditentukan oleh tingkat motivasi kerja, intensif kerja, stress kerja, lingkungan kerja, kompensisasi, gaya kepemimpinan dan lain sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara semangat kerja terhadap tingkat motivasi kerja, intensif kerja, stress kerja, lingkungan kerja, kompensasi, dan gaya kepemimpinan. Metode penelitian yang digunakan yaitu library reseach dengan pengumpulan data-data kepustakaan terkait tentang faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menguraikan secara narasi yang digali melalui berbagai informasi pustaka, meliputi buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen. Hasil penelitian didapati bahwa tingkat motivasi kerja secara literatur sangat dipengaruhi oleh variabel tingkat motivasi kerja, intensif kerja, stress kerja, lingkungan kerja, kompensisasi, dan gaya kepemimpinan. Motivasi yang tinggi akan meningkatkan produktivitas kerja dan sebaliknya motivasi yang rendah akan menghambat tingkat produktivitas karyawan.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Bengkel Mobil Kanyoho Afrizal; Zakaria
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i1.1008

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bengkel Mobil Kanyoho Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Bengkel Mobil Kanyoho yang berjumlah 9 responden yang terdiri atas 1 orang owner dan 8 orang karyawan dengan sampelnya sebanyak 8 orang (kecuali owner). Model analisis data yang digunakan dalam penilitian adalah regresi linerar berganda dengan variabelnya terdiri atas variabel bebas (independen) berupa gaya kepemimpinan dan motivasi dan variabel terikat (dependen) yaitu kinerja karyawan. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa teknik dokumentasi dan angket dengan sejumlah pernyataan dan pertanyaan tertulis yang diberikan kepada responden untuk diisi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian didapati bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan Bengkel Mobil Kanyoho, untuk pengaruh variabel yang lain sebesar 37,2% seperti variabel disiplin kerja, kompensasi, stres kerja dan lain sebagainya. Saran yang diberikan yaitu perlu peningkatan gaya kepemimpinan kepada para karyawan karena akan sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan, selain itu penghargaan dan reward juga sangat diperlukan untuk mendukung timbulnya motivasi dalam bekerja.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan di Kantor Camat Teunom Kabupaten Aceh Jaya Neneng Ratna Dewi; Zulbaidi; Mikhral Rinaldi
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i1.1011

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat pada pelayanan di Kantor Camat Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (field research. Analisa data dilakukan menggunakan analisa kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang datang dan menerima pelayanan dikantor Camat Teunom Kabupaten Aceh Jaya, pengambilan sampel menggunakan metode random sampling sebanyak 80 responden dari keseluruhan populasi. Hasil penelitian diketahui bahwa faktor kualitas kelayanan, standar pelayanan, sumber daya manusia/pegawai, keadilan mendapatkan pelayanan mempengaruhi kepuasa masyarakat
Pengaruh Kepuasan Kerja dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kinerja Pegawai PDAM Kabupaten Deli Serdang Akmal; Dedi Sufriadi
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARI
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i1.1054

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan kompensasi non finansial terhadap kinerja pegawai pada PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan jenis asosiatif dengan tujuan ingin mencari pengaruh antara kepuasan kerja (X1) dan kompensasi non finansial (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) pada PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner dan studi pustaka dengan alat instrumenya berupa kuesioner dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang sebanyak 164 orang pegawai yang terdiri dari 93 orang pegawai yang berstatus PP dan CPP serta 71 orang berstatus tenaga kontrak. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 93 pegawai yang berstatus PP dan CPP pada PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang. Hasil Penelitian didapati bahwa kepuasan kerja dan kompensasi non finansial berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang. Peneliti menyarankan kepada PDAM Tirta Deli agar terus meningkatkan kepuasan kerja pegawainya serta memberikan kompensasi non finansial yang baik kepada pegawai sehingga dapat mendorongnya kinerja pegawai agar lebih maksimal.
Pengaruh Etos Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Nur Alam; Sahwan; Hedrat M. Nure
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i2.1210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Etos Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder , yaitu data yang diperoleh melalui wawancara, kuesioner serta dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap penelitian dengan judul Pengaruh Etos Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli
Analisis Kepatuhan Pemilik Pangkalan LPG PT Kuta Naga Gas Terhadap HET yang Telah Ditetapkan Pemerintah dalam Penjualan Gas Subsidi Aceh Selatan Siti Hajar; Nuraini
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i2.1247

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis kepatuhan pemilik Pangkalan LPG PT Kuta Naga Gas terhadap HET yang telah ditetapkan pemerintah dalam penjualan gas subsidi di Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat lapangan dengan menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif yang berlokasikan di Desa Seuneubok, Kec. Pasie Raja, Kab. Aceh Selatan. Yang menjadi populasi dalam peneitian ini yaitu sebanyak 28 pangkalan gas LPG 3 kg masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan dengan sampel berjumlah 28 Pangkalan Hasil penelitian didapatkan berdasarkan analisis Konformitas (conformity) selalu memenuhi semua peraturan yang telah diberikan oleh Pemerintah dan Pertamina menyangkut dengan HET gas 3 kg (b) Analisis Penerimaan (compliance) Penerimaan dari setiap pangkalan-pangkalan gas 3 kg yang ada di Kec. Pasie Raja dan sekitarnya di Kab. Aceh Selatan sesuai dengan permintaan yang telah di di berikan kepada penyalur (c) Analisis Ketaatan (obedience) Pada prinsipnya setiap pangkalan gas lpg 3 kg yang khususnya yang berada di Kec. Pasie Raja dan sekitarnya Kab. Aceh Selatan selalu taat dan patuh terhadap peraturan yang telah di berikan oleh Pemerintah dan Pertamina mengenai harga dan tata cara penyaluran gas kepada masyarakat agar selalu tepat sasaran kepada masyarakat miskin atau kurang mampu. Kendala PT. Kuta Naga Gas dalam pengelolaan gas lpg 3 kg di Kec. Pasie Raja Kab. Aceh Selatan, yang meliputi (a) rendahnya kesadaran masyarakat dalam pemahaman mengenai peruntukan gas lpg 3 kg hanya untuk masyarakat kurang mampu saja (b) suplay gas lpg 3 kg ada kalanya terlambat karena jarak angkut yang jauh (c) ketersediaan dan kelengkapan ada kadang-kadang kosong di pangkalan sehingga masyarak yang membutuhkan sering tidak terpenuhi.
Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Keuchik Gampong Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya Murtaza ZD; Sonia Ita Fonolia
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i2.1248

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis kepuasan masyarakat terhadap kinerja Keuchik Gampong Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan didukung oleh data sekunder. Yang menjadi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Gampong Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya sebanyak 1.129 orang. Sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 24 orang berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Jenis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif Metode yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan data yang diperoleh dari wawancara penulis dengan responden yang menjadi sampel penelitian akan dilakukan reduksi data dan akan dikaitkan dengan teori pendapat para ahli untuk kemudian akan diambil benang merah antara jawaban responden dengan pendapat para ahli dan akhirnya akan dibuatkan kesimpulan terhadap hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian didapati bahwa indikator kepuasan masyarakat terhadap Keuchik Suak Puntong yaitu; (a) indikator Tangibles (bukti nyata) Sselama Keuchik tersebut menjabat beliau selalu memberikan bukti nyata tentang apa yang dilakukan di Gampong Suak Puntong dengan mengacu pada visi misi Keuchik pada saat pemilihan dulu, (b) indikator Realibility (terpercaya tahan uji) kepribadian Keuchik Gampong Suak Puntong dalam memimpin Gampong sangat sesuai dengan pekerjaan beliau karena apa yang dilakukan selalu terpecaya dan tahan uji karena bisa di buktikan dengan keadaan nyata di lapangan, (c) indikator Responsiveness (respon, cepat tanggap) respon/cepat tanggap selalu ditunjukkan ole Keuchik Suak Puntong kepada masyarakat dalam hal apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat, (d) indikator Assurance (kepastian) Keuchik Suak Puntong selalu memberikan kepastian kepada masyarakat mengenai permasalahan yang terjadi di Gampong sehingga masyarakat merasa selalu ada perhatian dari Keuchik, (e) indikator Empathy (empati) Keuchik pada dasarnya harus mempunyai sifat empati di dalam jiwanya karena sifat empati sangat baik di miliki oleh seorang pemimpin yang selalu menghadapi masyarakat yang mempunyai berbagai macam watak dan sifat di dalam pribadinya Kendala yang didapati yaitu adanya masyarakat yang belum terlayani dikarenakan Keuchik masih baru dalam bertugas pada saat penerapan indikator tersebut masih ada nya aparatur yang belum mengerti dan mematuhi semua aturan atau isi dari indikator tersebut, sehingga perlu di perhatikan lagi atau dapat diberi pemahaman dalam bentuk yang lebih komplit dan khusus.
Analisis Tingkat Keuntungan Pedagang Ikan di PPI Ujong Baroh Kabupaten Aceh Barat Sri Khairiah; Muhammad Muliyadi
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i2.1249

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis tingkat keuntungan pedagang ikan di PPI Ujong Baroh Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini dilakukan di PPI Ujong Baroh yang terletak di gampong padang seurahet, kecamatan johan pahlawan, kabupaten aceh barat. Adapun yang menjadi objek penelitiannya ialah para pedagang ikan. Alasan memilih lokasi penelitian tersebut karena PPI tersebut berdekatan dengan pasar induk yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang ikan di PPI Ujong Baroh Aceh barat. Dalam Penelitian ini peneliti mengambil 30 responden sebagai sampel. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Model analisis yang digunakan ialah Untuk mengetahui tingkat keuntungan pedagang ikan di PPI Ujong Baroh, digunakan analisis rasio B/C (Benefit Cost Ratio). Hasil dari analisis B/C Rasio pedagang ikan didapati adalah sebesar 1,20%, setelah menghitung total penerimaan seluruh responden yaitu Rp235.690.000 dan Total Biaya yang dikeluarkan seluruh responden Rp195.055.000. Sehingga dapat dikatakan usaha ini memperoleh keuntungan serta layak untuk dijalankan dengan total Keuntungan harian yang didapatkan oleh pedagang ikan adalah Rp40.635.000.
Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Aceh Barat Junizar; Heri Miswaruddin
MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL
Publisher : UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/mister.v1i2.1250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini difokuskan pada kompensasi dan kinerja. Data yang digunakan merupakan data dari variabel variabel tersebut yang sebelumnya telah dilakukan survey pada bulan september 2023. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Objek penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada kantor pertanahan Kabupaten Aceh Barat. yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 19 orang dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random sampling). Hasil penelitian didapatkan bahwa variabel kompensasi memberikan pengaruh positif terhadap Kinerja Pegawai pegawai Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Aceh Barat. Saran yang diberikan yaitu agar kiranya pihak kantor perlu mempertahankan kompensasi yang telah mampu memberikan kinerja yang baik bagi pegawai serta perlu dilakukan sosialisasi kompensasi secara berkelanjutan pada pegawai terutama yang baru masuk sehingga mereka memahami hak dan kewajibannya.

Page 1 of 68 | Total Record : 672