Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 1 No. 3c (2024): JULI (Tambahan)

Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam

M. Faiz Ahdan Hawari (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Trya Imamatul Istiqomah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
M. Yunus Abu Bakar (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Pendidikan merupakan proses sistematis yang bertujuan mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai kematangan pribadi dan kemampuan berpikir. Fungsi utama pendidikan meliputi penyampaian pengetahuan, pembentukan karakter, dan persiapan peserta didik untuk berkontribusi pada masyarakat. Tujuan pendidikan mencakup pengembangan keterampilan, peningkatan pengetahuan, dan pembentukan nilai-nilai moral, sehingga menciptakan individu yang mampu beradaptasi dan memberikan kontribusi positif dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan juga memiliki peran penting dalam membentuk sikap kritis dan kreatif peserta didik, memfasilitasi pemahaman terhadap berbagai budaya, serta mengajarkan keterampilan sosial untuk berinteraksi secara efektif dalam masyarakat. Tujuan pendidikan mencerminkan aspirasi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, memajukan keadilan sosial, dan menghasilkan individu yang memiliki pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai kehidupan. Dengan demikian, pendidikan menjadi landasan penting dalam mencapai perkembangan holistik dan pemberdayaan manusia. Pendidikan dalam perspektif Islam bukan hanya sekadar transfer pengetahuan, tetapi juga merupakan upaya untuk membentuk akhlak dan karakter yang sejalan dengan ajaran agama. Fungsi utama pendidikan Islam adalah mendidik manusia agar menjadi insan yang bertakwa, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Tujuan pendidikan Islam melibatkan pembentukan akal, nurani, dan keterampilan praktis untuk mengarahkan individu menuju kesempurnaan spiritual dan sosial, sejalan dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Dalam konteks Islam, pendidikan juga berperan sebagai wahana pengembangan intelektualitas dan pengetahuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Tujuan pendidikan Islam mencakup pembentukan kepribadian yang adil, bijaksana, dan bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pendidikan Islam juga menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan sebagai bentuk ibadah kepada Allah, serta mendidik individu untuk menjadi pemimpin yang berintegritas dan mampu memberikan kontribusi positif dalam membangun masyarakat yang berkeadilan. Pendidikan dalam perspektif Islam bukan hanya sekadar transfer pengetahuan, tetapi juga merupakan upaya untuk membentuk akhlak dan karakter yang sejalan dengan ajaran agama. Fungsi utama pendidikan Islam adalah mendidik manusia agar menjadi insan yang bertakwa, berakhlak mulia, dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Tujuan pendidikan Islam melibatkan pembentukan akal, nurani, dan keterampilan praktis untuk mengarahkan individu menuju kesempurnaan spiritual dan sosial, sejalan dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Dalam konteks Islam, pendidikan juga berperan sebagai wahana pengembangan intelektualitas dan pengetahuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Tujuan pendidikan dalam perspektif Islam mencakup pengembangan individu secara holistik, dengan fokus pada aspek spiritual, intelektual, sosial, dan moral. Pendidikan Islam bertujuan untuk menciptakan manusia yang bertakwa, berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan mampu memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Selain itu, tujuan pendidikan Islam juga mencakup pembentukan kepemimpinan yang adil, pembangunan kemandirian, dan pemberdayaan umat melalui pengetahuan dan amal yang bermanfaat. Dalam esensinya, tujuan pendidikan dalam perspektif Islam adalah untuk menciptakan manusia yang menjadi khalifah di bumi, mampu menjaga keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...