Litera : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol. 5 No. 1 (2019): LITERA : Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra

LINGUISTIC FEATURES FROM ADVERTISEMENT: THE SUBMISSION OF NEW UNIVERSITY STUDENTS IN BALI

Komang Dian Puspita Candra (Unknown)
IGA Vina Widiadnya Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2019

Abstract

ABSTRACTThis study was conducted to analyze about the use of linguistic features inadvertisement. The data sources of this study were used advertisements of submission for newstudent in several universities in Bali especially for the academic year 2018/2019. Then,observations with note taking technique were applied in collecting the data. The data wereanalyzed qualitatively using the theory of semiotic by Barthes (1998) and theory from Leech(1966) about English Advertising. The data presented in the form of formal and non-formal.The results of the analysis found that these kinds of advertisements used linguistic features aswell to give information about the campus itself and also to attract the attention from the targetmarket so they will have a good opinion about the campus and finally choose one of thecampuses to continue their study. The linguistic features in this type of advertisements can beanalyzed in several terms, those are: 1) lexical choice, the advertiser mostly used verb andadjective. 2) There were four types of sentence structure found namely declarative,interrogative, imperative and exclamative sentence. Declarative sentence is more dominantthan other. 3) It also used abbreviation and acronym which has a correlation with the context.Key words: advertising, linguistic fitur, verbal signABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis tentang fitur-fitur linguistik dalamiklan. Sumber data yang digunakan adalah iklan penerimaan mahasiswa baru di Bali untuktahun akademik 2018/2019. Metode observasi dan teknik mencatat digunakan dalampengumpulan data. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara kualitatif menggunakan teoritentang Semiotic dari Barthes (1998) dan teori tentang English Advertising dari Leech (1966).Data disajikan dalam bentuk formal dan non- formal. Hasil analisis memeperlihatkan bahwa,jenis iklan ini menggunakan fitur-fitur linguistik dengan baik untuk memberikan informasitentang keberadaan masing-masing kampus, dan juga menarik perhatian pembaca sehinggamemiliki opini yang baik tentang kampus yang diiklankan dan memilih kampus tersebut untukmelanjutkan studi. Adapun jenis-jenis fitur linguistik yang ditemukan adalah: 1) dalampemilihan kata, pembuat iklan lebih banyak menggunakan kata kerja dan kata sifatdibandingkan dengan jenis kata lainnya. 2) Iklan penerimaan mahasiswa baru menggunakanempat jenis kalimat secara berkesinambungan dalam iklan yaitu kalimat berita, kalimat tanya,kalimat perintah, dan kalimat seru dan penggunaan jenis kalimat berita mendominasi diantarajenis kalimat lainnya. 3) dalam iklan juga ditemukan penggunaan akronim dan singkatan yangterkadang menimbulkan kebingungan bagi pembaca karena membutuhkan pemikiran yanglebih lanjut dan memperhatikan korelasi dengan kontekksnya untuk memahami makna darimasing-masing singkatan dan akronim.Kata Kunci : iklan, fitur linguistic, tanda verbal

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

litera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal ini menyajikan hasil-hasil penelitian dan hasil pemikiran yang berada pada ranah bahasa dan sastra. Kajian-kajian ilmiah terdiri atas delapan artikel yang menerapkan teori mikro dan makro linguistik untuk membedah fenomena kebahasaan yang ada pada masyarakat. Peran bahasa dan sastra sangat ...