ABSTRAK Pandemi covid-19 yang sedang melanda saat ini sangat berdampak pada kehidupan manusia. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Keadaan seperti ini memaksa untuk mengubah kebiasaan dari yang semula melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh secara daring. Perubahan ini tentunya tidak hanya membuat siswa merasa belum siap. Gurupun merasakan hal yang sama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19, mendeskripsikan probematika yang dialami oleh guru di 3 SMA di Yogyakarta, serta mencari solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan problematika yang dialami oleh guru dalam pembelajaran matematika. Subjek dan objek dalam penelitian ini yaitu guru matematika di 3 SMA di Yogyakarta yang pilih secara acak. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara. Teknik penggumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara yang dilakukan secara online menggunakan media WhatsApp serta studi literature. Hasil penelitian ini yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi seperti WhatsApp group, zoom meeting, google meet, google classroom serta aplikasi yang lainnya. Pembelajaran ini berjalan dengan lancar namun terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru seperti signal kurang stabil, beban guru yang semakin bertambah, dan kemampuan guru yang belum bisa menguasai teknologi dengan baik. Problematika tersebut dapat diatasi dengan saling bekerjasama antara siswa dan guru, tersedianya fasilitas pembelajaran yang memadai serta mengadakan pelatihan TIK bagi guru-guru guna meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran daring agar berjalan dengan lebih baik. Kata Kunci: problematika, guru, matematika, pembelajaran daring ABSTRACTThe current COVID-19 pandemic has had a profound impact on human life. The education sector is no exception. Circumstances like this force to change the habit of carrying out face-to-face learning in class to online distance learning. Of course, this change does not only make students feel unprepared. The teacher feels the same way. Therefore, this study aims to find out how the implementation of mathematics learning during the covid-19 pandemic, describe the probematics experienced by teachers in 3 high schools in Yogyakarta, and find solutions to these problems. This research is a descriptive qualitative research to describe the problems experienced by teachers in learning mathematics. The subjects and objects in this study were mathematics teachers in 3 high schools in Yogyakarta who were randomly selected. The instrument of this research is an interview guide. Data collection techniques were carried out using online interview techniques using WhatsApp media and literature studies. The results of this study are that the implementation of learning during this pandemic period is carried out online using applications such as WhatsApp groups, Zoom meetings, Google Meets, Google Classroom and other applications. This learning runs smoothly but there are several obstacles experienced by teachers such as less stable signals, increasing teacher burden, and the ability of teachers who have not been able to master technology well. These problems can be overcome by mutual cooperation between students and teachers, the availability of adequate learning facilities and ICT training for teachers to improve the ability to use technology that can be used to support online learning to run better. Keywords: problematics, teacher, mathematics, online learning.
Copyrights © 2021