Pandemi Covid-19 yang melanda mengharuskan kita untuk melaksanakan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan berbagai media yang ada, salah satunya yaitu e-learning. Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode survei melalui pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi penggunaan e-learning dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik (IP) mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada pembelajaran daring. Subjek penelitian terdiri dari 51 mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga angkatan 2018-2020. Instrumen pengambilan data berupa angket penggunaan e-learning dan motivasi belajar serta KHS (Kartu Hasil Studi) mahasiswa. Proses analisis data dilakukan melalui teknik perhitungan statistik deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan e-learning dalam pembelajaran daring tidak berpengaruh secara parsial terhadap prestasi akademik mahasiswa. Sedangkan motivasi belajar secara signifikan berpengaruh positif sebesar 0,022 poin terhadap hasi prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga, artinya bahwa adanya peningkatan motivasi belajar akan perpengaruh terhadap peningkatan prestasi akademik. Penggunaan e-learning dan didukung motivasi belajar secara simultan atau bersama-sama juga dapat mempengaruhi peningkatan prestasi akademik mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Kalijaga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021