Polynom: Journal in Mathematics Education
Vol. 2 No. 3 (2022): November 2022

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan

Widyowati, Diyah Ayu (Unknown)
Kristina Warniasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi pola bilangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII D SMP N 11 Yogyakarta sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes dan wawancara. Adapun instrumen tes berupa 5 soal uraian kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyeselesaikan soal pada materi pola bilangan masih tergolong sedang dengan persentase sebesar 55%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Polynom

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Polynom: Journal in Mathematics Education mencakup penelitian asli dalam pendidikan matematika dan tidak diserahkan ke jurnal atau konferensi lain dari berbagai bidang penelitian seperti penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, survei, penelitian tindakan kelas, dll. Jurnal ini ...