Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Berkat Asia Kabupaten Sinjai guna meningkatkan penjualan; kendala yang terjadi ketika proses produksi kopi Borong, dan solusi apa saja yang dilakukan petani dalam menghadapi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengusaha CV. Berkat Asia kopi di Sinjai Borong menggunakan jenis kopi robusta 80% daripada kopi arabika karena tingkat harga yang berbeda. Pengusaha kopi juga menggunakan teknik pemasaran dengan memanfaatkan teknologi seperti media sosial dan memanfatkan langganan langganan sebelumnya seperti toko grosir. CV. Berkat Asia kopi Borong dibentuk karena terdapat potensi kopi dari hasil tanaman masyarakat Sinjai Borong, dan termotivasi dari berbagai macam kopi yang ada di Sinjai Borong karena pada saat itu tidak adanya masyarakat sekitar yang bergerak dibidang industri.
Copyrights © 2024