Jurnal Cyber PR
Vol 3, No 2 (2023)

Kampanye Media Sosial Tiktok @Pandawaragroup Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Ali, Muhammad Yusril (Unknown)
Damayanti, Novita (Unknown)
Ardhoyo, Novalia Agung Wardjito (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian   ini   berjudul   Kampanye media sosial TikTok @pandawaragroup dalam meningkatkan kesadaran masyarakat atas kebersihan lingkungan. Pandawara group terbentuk pada tanggal 5 Mei 2022 yang berlokasi di wilayah Kopo, Bandung Selatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kampanye media sosial TikTok @pandawaragroup dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan serta hambatan yang didapati dalam upaya melakukan kampanye di media sosial Tiktok @pandawaragroup. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan konsep 10 tahapan kampanye public relations dan new media sebagai pendukung. Metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif serta paradigma kontruktivisme. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan wawancara secara mendalam dan observasi untuk mendapatkan informasi secara langsung dari narasumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis kampanye yang dilakukan dalam media sosial TikTok Pandawara Group dengan menggunakan 10 tahapan kampanye public relations telah di temukan strategi, taktik, serta hambatan-hambatan dalam kampanye yang dilakukan oleh Pandawara Group. Dan menurut pandangan dari uraian new media Pandawara Group berhasil menjalin interaksi dengan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam gerakan membersihkan lingkungan, sehingga terbangun integrasi sosial antara Pandawara Group dengan masyarakat dan beberapa instasi pemerintah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...