Computing and Education Technology Journal
Vol 4, No 1 (2024): APRIL

Pemanfaatan IT pada Mata Kuliah Desain Thinking untuk Menghasilkan Media Pembelajaran yang Inovatif

Darmadi Darmadi (Universitas PGRI Madiun)
Sanusi Sanusi (Universitas PGRI Madiun)
Nanik Haryati (SDN Sidorejo 1)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Pengaruh kemajuan IT dan perubahan zaman menuntut banyak perubahan di bidang pendidikan dan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah melakukan identifikasi pemanfaatan IT selama pembelajaran desain thinking dengan alasannya. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif-deskriptif sederhana. Subjek penelitian adalah mahasiswa PPG dalam jabatan Universitas PGRI Madiun angkatan 1 dan 2 tahun 2024 yang berjumlah total 55 mahasiswa. Data diperoleh menggunakan observasi dan wawancara semi terstruktur. Triangulasi metode dan waktu digunakan untuk memvalidasi data. Analisis data dilakukan pada data yang valid sehingga dapat ditarik kesimpulan sebagai hasil penelitian. Selain pemanfaatan LMS dalam pembelajaran, mahasiswa memfaatakan IT dalam pemebalajran desaign thinking. Pemanfaatan IT dilakukan mahasiswa pada tahap idea dan prototype. Pada tahap empati, define, dan tes mahasiswa tidak memanfaatkan IT. Pada tahap empati, mahasiswa tidak memanfaatkan IT karena wawancara yang dilakukan tidak mendalam. Pada tahap define, mahasiswa tidak memanfaatkan IT karena pembelajaran dilakukan sedara luring. Pada tahap idea, mahasiswa memanfaatkan IT untuk mendapatkan kebaruan dari idenya melalui youtube, buku elektronik, atau artikel-jurnal. Pada tahap prototype, beberapa mahasiswa mengembangkan media berbasis IT. Pada tahap tes, mahasiswa tidak memanfaatkan IT karena terlalu fokus ke perbaikan prototype yang dikembangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cetj

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

Computing and Education Technology Journal publishes articles about the results of research in the field of computer education including: Interactive learning media Online Assessment Online Teaching Computer Science in ...