Pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sering menghadapi berbagai tantangan, termasuk kurangnya kompetensi pedagogis guru, metode pengajaran yang konvensional, media ajar yang kurang inovatif, dan kompleksitas materi yang tinggi. Kondisi ini sering membuat siswa merasa bosan dan kesulitan memahami konsep-konsep matematika. Untuk mengatasi masalah ini, penerapan gamifikasi dalam pembelajaran matematika dipandang sebagai solusi yang efektif. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa calon guru SMK mengenai penerapan gamifikasi dalam pembelajaran matematika. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi calon guru dalam menciptakan metode pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan efektif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan partisipasi belajar siswa, serta pemahaman yang lebih baik terhadap konsep-konsep matematika. Dampaknya, calon guru SMK mampu mengimplementasikan gamifikasi dalam pembelajaran matematika, yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika di SMK.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024