Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol. 2 No. 2 (2024)

Pemanfaatan Aplikasi Powtoon sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Mariani, Selvi (Unknown)
Ramadan, Syahru (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Powtoon merupakan aplikasi presentasi daring yang dilengkapi dengan fasilitas animasi kartun yang menarik. Powtoon dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah, termasuk di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan manfaat-manfaat aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode library research. Dari hasil penelitian ini ditemukan beberapa manfaat aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar, antara lain: (1) dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan baik; (2) dapat merangsang ide siswa dalam memproduksi tulisan; (3) dapat membantu guru menyisipkan konten lokal pada materi pembelajaran; (4) dapat dimanfaatkan secara berulang-ulang; dan (5) dapat digunakan kapan dan di mana saja. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi para guru bahasa Indonesia dan guru lainnya di sekolah dasar untuk memanfaatkan aplikasi powtoon sebagai media pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...