Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol. 2 No. 1 (2024)

Efektivitas Media Mistery Box Broken Square dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kabupaten Bone

Sari, Fera Haswinda (Unknown)
Rasyid, Nirwana (Unknown)
Machmuddin, Rosbiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas penggunaan media mistery box broken square dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 2 di MI Annurain Lonrae, Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu PreExperiment Design dengan design One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja dan dokumentasi. Data yang diperoleh setelah penelitian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Statistis Version 25 agar dapat mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji normalitas, dan uji hipostesis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2 MI Annurain Lonrae dengan siswa yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian setelah dilakukan perlakuan menggunakan media Mistery Box Broken Square, menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik kelas 2 pada saat post-test terjadi peningkatan dengan melihat kriteria keterampilan membaca permulaan dengan rata-rata sebesar 80.65 dan dapat dilihat dari uji-t pada nilai pretest dan postest, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti media Mistery Box Broken Square efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 MI Annurain Lonrae Kabupaten Bone dan dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-gain score sebesar 67.99 yang berada pada kategori cukup efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...