Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan baggage drop maskapai Citilink Indonesia terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Layanan baggage drop merupakan salah satu tahap awal yang harus dilalui oleh penumpang sebelum melakukan penerbangan, sehingga pengalaman positif yang dirasakan oleh penumpang pada tahap ini akan mempengaruhi kepuasan penumpang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data yang penulis didistribusikan kepada 100 responden yang menjadi sempel penelitian. Penganalisaan data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS Statistics ’26. Hasil penelitian menampilkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penumpang dengan nilai t hitung 9,936 t tabel 1,984 dan signifikansi sebesar 0,000 0,05 atau 5%. Selain itu, nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,502 yang dapat diartikan bahwa 50,2% kepuasan penumpang maskapai Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Yogyakarta dipengaruhi oleh kualitas pelayanan baggage drop yang diberikan oleh maskapai Citilink Indonesia dan 49,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024