Aktivitas melihat adalah bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam ilmu fisika, aktivitas melihat biasanya dilakukan dengan pengamatan, eksperimen, juga demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menerapkan optik geometri pada bidang biologi dalam aktivitas melihat, menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menerapkan optik geometri berdasarkan taksonomi bloom, dan menganalisis tingkat kemampuan mahasiswa dalam menerapkan optik geometri pada bidang biologi berdasarkan kemampuan berpikir rendah (LOT) dan berpikir tinggi (HOT). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dengan memberikan instrument tes kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika. Populasi pada penelitian ini adalah 139 orang dengan sampel yang 30 orang. Hasil penelitian yang didapatkan untuk rata-rata kemampuan siswa secara keseluruhan ialah 66,6%, kemampuan siswa jenjang C1 (71,6%) C2 (73,3%) C3 (75,8%) C4 (64,1%) C5 (52,5%) C6 (61,6%), serta untuk kemampuan siswa kategori LOT (73,6%) dan HOT (59%). Dari hasil yang didapatkan diketahui kemampuan mahasiswa masih rendah dalam pemahaman fisika pada bidang ilmu biologi.
Copyrights © 2024