Setiap bandar udara memiliki fasilitas ruang tunggu yang mana merupakan salah satu ruangan yang selalu dikunjungi penumpang sebelum memasuki pesawat. Dalam hal ini fasilitas ruang tunggu nantinya akan mempengaruhi kepuasan penumpang. Sama halnya di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, penumpang akan merasa puas jika fasilitas yang ada memadai dan penumpang puas jika merasa nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kenyamanan ruang tunggu keberangkatan terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas dan kenyamanan ruang tunggu keberangkatan terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Dalam penelitian didesain menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 655.600 dengan sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas dan multikolinearitas), uji regresi (uji regresi linear berganda), dan uji hipotesis (uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengaruh fasilitas ruang tunggu memiliki pengaruh terhadap kepuasan penumpang. Kenyamanan ruang tunggu juga memiliki pengaruh terhadap kepuasan penumpang. Sehingga dapat dikatakan bahwa fasilitas ruang tunggu dan kenyamanan ruang tunggu berpengaruh secara bersamaan dan signifikan terhadap kepuasan penumpang. Hal ini ditunjukkan adanya pengaruh variabel fasilitas ruang tunggu dan kenyamanan ruang tunggu terhadap kepuasan penumpang sebesar 48,6% dan sisanya 51,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024