QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 2 No 1 (2024): 2024

Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai Etika Siswa: (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Kota Jambi)

Rianty, Anessyia (Unknown)
Rizqi Shahbani, Aulia (Unknown)
Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Strategi mengajar memegang peran penting dalam keberhasilan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam menanamkan etika siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak, sedangkan kepala sekolah dan siswa dijadikan sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan dalam dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan ini menunjukkan betapa pentingnya bagi guru untuk mengajar kelas Aqidah Aqidah kepada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Kota Jambi untuk menanamkan etika, mengingat dampak lingkungan modern yang besar pada anak-anak. Teknik ceramah dan metode pembiasaan merupakan metode yang digunakan guru untuk mengajarkan akhlak aqidah. Metode untuk memahami pentingnya mendidik siswa tentang moralitas aqidah ditinjau, khususnya yang telah digunakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawarah Kota Jambi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...